Minggu, 14 Juli 2019

TUGAS AKHIR MODUL 5 PEDAGOGIK


TUGAS AKHIR MODUL 5 STRATEGI PEMBELAJARAN
NAMA : NOVIASARI RITONGA

1.      Menyusun perangkat pembelajaran untuk 1 Kompetensi Dasar yang terdiri dari :
a.       RPP yang mengaktifkan peserta didik :
b.      Bahan ajar yang relevan ( Handout )
c.       Media pembelajaran Power Point
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    : SMPN N 3 PURBATUA
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Chapter                      : 6 - We love what we do
Kelas/Semester          : VII/Genap
Tahun Pelajaran       : 2019/2020
Alokasi Waktu           : 20 JP (10 Pertemuan)

A.    Kompetensi Inti:
1.      Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teoriKI 1      

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.6 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple present tense)
·         Mengidentifikasi fungsi sosial,  struktur teks, dan unsur  kebahasaan dari percakapan terkait pekerjaan dan  tindakan terkait
·         Mengidentifikasi fungsi sosial,  struktur teks, dan unsur  kebahasaan dari percakapan terkait kebiasaan melakukan kegiatan
·         Mengidentifikasi fungsi sosial,  struktur teks, dan unsur  kebahasaan dari percakapan terkait tingkah laku dan kebiasaan binatang
·         Mengidentifikasi fungsi sosial,  struktur teks, dan unsur  kebahasaan dari percakapan terkait fungsi beberapa benda
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar dan sesuai konteks
·         Melakukan percakapan  tentang pekerjaan dan  tindakan terkait
·         Menyebutkan kembali  pertanyaan dan  pernyataan para tokoh  tentang  pekerjaan dan  tindakan terkait
·         Menyebutkan pekerjaan  orang tua (bapak dan  ibu) 5 orang teman  sekelas
·         Mempresentasikan informasi tentang pekerjaan orang tua (bapak dan ibu) lima orang teman sekelas
·         Melakukan percakapan tentang kebiasaan melakukan kegiatan
·         Menyebutkan kembali pernyataan para tokoh tentang kebiasaan melakukan kegiatan
·         Mempresentasikan kegiatan yang senyatanya menjadi kebiasaan dari lima orang temannya
·         Menanyakan dan menyatakan secara lisan tingkah laku dan kebiasaan binatangberdasarkan gambar/situasi yang disediakan.
·         Menyusun teks deskripsi singkat tentang tingkah laku dan kebiasaan binatang berdasarkan gambar/situasi yang disediakan.
·         Melakukan percakapan tentang fungsi beberapa benda
·         Menyebutkan fungsi benda-benda yang senyatanya ada di dalam kelas masing-masing
·         Menyebutkan fungsi benda-benda yang senyatanya ada di rumah masing-masing
·         Melakukan percakapan mengenai fungsi benda dan kebiasaan binatang
·         Menyebutkan kembali pernyataan para tokoh mengenai fungsi benda dan kebiasaan binatang

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
       Melakukan percakapan  tentang pekerjaan dan  tindakan terkait
       Menyebutkan kembali  pertanyaan dan  pernyataan para tokoh  tentang  pekerjaan dan  tindakan terkait
       Menyebutkan pekerjaan  orang tua (bapak dan  ibu) 5 orang teman  sekelas
       Mempresentasikan informasi tentang pekerjaan orang tua (bapak dan ibu) lima orang teman sekelas
       Melakukan percakapan tentang kebiasaan melakukan kegiatan
       Menyebutkan kembali pernyataan para tokoh tentang kebiasaan melakukan kegiatan
       Mempresentasikan kegiatan yang senyatanya menjadi kebiasaan dari lima orang temannya
       Mengidentifikasi fungsi sosial,  struktur teks, dan unsur  kebahasaan dari percakapan terkait tingkah laku dan kebiasaan binatang
       Menanyakan dan menyatakan secara lisan tingkah laku dan kebiasaan binatangberdasarkan gambar/situasi yang disediakan.
       Menyusun teks deskripsi singkat tentang tingkah laku dan kebiasaan binatang berdasarkan gambar/situasi yang disediakan.
       Melakukan percakapan tentang fungsi beberapa benda
       Menyebutkan fungsi benda-benda yang senyatanya ada di dalam kelas masing-masing
       Menyebutkan fungsi benda-benda yang senyatanya ada di rumah masing-masing
       Melakukan percakapan mengenai fungsi benda dan kebiasaan binatang
       Menyebutkan kembali pernyataan para tokoh mengenai fungsi benda dan kebiasaan binatang

D.    Materi Pembelajaran
-          Terlampir (Hand-out)

E.       Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan      : Pendekatan Scientific
2.      Model              :Discovery Learning, Problem Based Learning
3.      Metode            :Tanya Jawab, Wawancara, Diskusi, Bermain peran, Group work

F.     Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø  Media :
©  Gambar-gambar/ flashcard
©  Worksheet atau lembar kerja (siswa)
©  Lembar penilaian
Ø  Alat/Bahan :
©  Spidol, papan tulis, penghapus
©  Laptop & infocus
©  Slide presentasi (ppt)
©  Hand-out
Ø  Sumber Belajar:
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa When  English Ring a Bell. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru When English Ring a Bell. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
©  Kamus Bahasa Inggris
©  Pengalaman Peserta didik dan guru



G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-6 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran dengan membangkitkan semangat belajar mereka melalui bernyanyi lagu bahasa inggris bersama-sama.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: animals activities and behavior
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topikdengan cara :
v  Mengamati
Ø  Guru membagikan gambarPlay the roles of the speakers about animals activities pada masing-masing kelompok
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati contoh ungkapan untuk menyatakan tingkah laku/tindakan hewan pada gambar teks Play the roles of the speakers about animals activities
Ø  Guru membacakan ungkapan-ungkapan yg terdapat pada gambar tersebut dan meminta siswa untuk menirukan
Ø  Peserta didik secara berkelompok berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyatakan  tingkah laku dan tindakan hewan




Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
v  Menanya
Ø  Dengan bimbingan guru, peserta didik mempertanyakan makna dan fungsi sosial ungkapan-ungkapan dalam teks  Play the roles of the speakers about animals activities
Ø  Guru dan peserta didik mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam ungkapan-ungkapan  yang digunakan untuk menanyakan tindakan/tingkah laku binatang, antara lain :
*      Kalimat interrogative : Wh-question
·         What animal is it?
·         What does it look like?
·         What does it do?
·         What do the animals do?
Ø  Guru dan peserta didik mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyatakantindakan/tingkah laku binatang, antara lain :
*      Kalimat declarative : simple present tense (positive form)
Rumus Verbal ( menggunakan verb/kata kerja)
·         Subjek tunggal (He/She/It) + Verb1s/es
Contoh : It bites
·         Subjek jamak (I/You/They/We) + Verb 1
Contoh : They bite

Data
collection
(pengumpulan
data)
v  Menalar
Ø  Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:Mengamati flascard gambar binatang lalu menyatakan tindakan/tingkah laku yang biasa dilakukan oleh binatang tersebut.
Ø  Guru membagikan lembar kerja1 pada masing-masing kelompok dan meminta peserta didik untuk mengisi kolom aktifitasnya dengan tindakan/tingkah laku binatang sesuai dengan contoh.
-           

Data
processing
(pengolahan
Data)
v  Mengasosiasi
Ø  Guru memberikan lembar kerja2 berupa gambar binatang kepada masing-masing kelompok dan meminta siswa untuk  menulis deskripsi singkat tentang tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda berdasarkan
  gambar/situasi yang disediakan.
Ø  Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara:Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang telah diidentifikasi, lalu menuliskan deskripsi singkat tentang  tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda berdasarkan
  gambar/situasi yang disediakan.


Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya melalui kegiatan :Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
v  Mengomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang animals activities
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentanganimals activities
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)


Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit



H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.         Penilaian Sikap : Observasi (Jurnal penilaian sikap)
b.         Penilaian Kompetensi Pengetahuan :
1)      Tes Tertulis
-          Uraian/esai
2)      Tes Lisan
©  Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.

2.      Penilaian Kompetensi Keterampilan :
1)      Unjuk kerja
2)      Produk
3)      Tertulis (menulis deskripsi singkat)
3.      Instrumen Penilaian
-          Terlampir
-           
4.      Rubrik Penilaian dan Pedoman Penskoran
-          Terlampir


                                                                                                            Purbatua,        Juli 2019
Mengetahui,    
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran,



Drs. Riwanto                                                                            Noviasari Ritonga, S.Pd
NIP. 196605061996011001


Lampiran 1: Instrumen Penilaian Sikap
JURNAL PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran       :  ...............................
Kelas/Semester      :  ............/...........
Tahun Pelajaran     :  2019/2020
No
Tgl
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak lanjut
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20





21







Lampiran 2: Instrument Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
Kisi-kisi dan Soal
KD
Indikator
Soal
Teknik/Bentuk Penilaian
3.6
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple present tense)
Fill in the blank with the animal activity!
Tes Tertulis (isian singkat)
4.6
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Write down a short description about the animal activity based on the picture!
Tes Tertulis (menulis karangan/essay pendek)





















Lampiran 3. Rubrik Penilaian dan Pedoman Penskoran
Rubrik Penilaian Pengetahuan
No.
Alternatif jawaban
Skor
Kelompok
Benar
Salah
1
2
3
4
5
6
2
Bite, coil, swallow
1
0






3
Bark, bite
1
0






4
Crawl
1
0






5
Creep
1
0






6
Scratch, sleep, lick
1
0






7
Neigh, run
1
0






8
Roar, pounce
1
0






9
Moo
1
0






10
Jump, kick
1
0






Jumlah skor
9
0






Nilai perolehan









NilaiPerolehan =  x 100

Rubrik Penilaian Keterampilan
No
Aspek yang dinilai
Skor / Kelompok
1
2
3
4
5
6
1
Kejelasan gagasan






2
Ketepatan pilihan kata






3
Tata bahasa






4
Ejaan






Jumlah skor (maksimal 20)






Nilai perolehan







Kriteria :
Skor 5 = Sangat baik          Skor 4 = Baik                          Skor 3 = Cukup          
Skor 2 = Kurang                 Skor 1 = Sangat kurang

NilaiPerolehan =Jumlah Skor  x  5


Lampiran 4
Students’ Worksheet 1

Fill in the blank with the animal activity!




Student Worksheet 2
Write down a short description about the animal activity based on the picture!
No
Animal
Description
1







2







3







4







5






6









CHAPTER 6. WE LOVE WHAT WE DO

Kompetensi Dasar
3.6  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple present tense)
4.6   Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mengidentifikasi fungsi sosial,  struktur teks, dan unsur  kebahasaan dari percakapan terkait tingkah laku dan kebiasaan binatang
·         Menanyakan dan menyatakan secara lisan tingkah laku dan kebiasaan binatang berdasarkan gambar/situasi yang disediakan.
·         Menyusun teks deskripsi singkat tentang tingkah laku dan kebiasaan binatang berdasarkan gambar/situasi yang disediakan.


Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
·         Mengidentifikasi fungsi sosial,  struktur teks, dan unsur  kebahasaan dari percakapan terkait tingkah laku dan kebiasaan binatang
·         Menanyakan dan menyatakan secara lisan tingkah laku dan kebiasaan binatang berdasarkan gambar/situasi yang disediakan.
·         Menyusun teks deskripsi singkat tentang tingkah laku dan kebiasaan binatang berdasarkan gambar/situasi yang disediakan.






Uraian Materi
A.    Fungsi Sosial Teks
Mendeskripsikan, mengidentifikasi, mengkritisi orang, binatang, dan benda dari segi tingkah laku/tindakan/fungsi.

B.     Struktur teks
-          Use Simple Present Tense ( S + V1 )
Simple Present is the simplest form of verb in English sentences telling about daily activities, repeated actions (like habits or scheduled activities) as well as the general knowledge.
(Simple Present adalah bentuk kata kerja paling sederhana. Digunakan untuk menyatakan kegiatan sehari-hari, berulang-ulang terjadi (rutinitas seperti atau kebiasaan) serta pengetahuan umum)


-          Fungsi Simple Present Tense
Ø  Menyatakan kegiatan sehari-hari :
Ø  Lusi usually wakes up at 6 a.m.
Ø  She tidies and cleans her room.
Ø  She goes to school at 7 o’clock.
Ø  Lusi always goes to school on foot.

Ø  Menyatakan kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang/teratur :
Ø  Lusi joins English extracurricular from Monday to Wednesday.
Ø  She follows skateboard club every Thursday.
Ø  On Friday, Lusi and some of her friends go to photography course.
Ø  Lusi and her family often go to the beach on weekend.

Ø  Menyatakan sebuah fakta atau kebenaran umum secara tetap :
Ø  The sun rises in the east and sets in the west.
Ø  Elephants are the biggest land animals.
Ø  The president lives in the white house.
Ø  Water boils at 100 degree Celcius.
Ø  Ice is cold.

Ø  Menyatakan perasaan, pikiran, pendaapat atau keadaan di masa sekarang :
Ø  They are happy.
Ø  I feel so grateful today.
Ø  My favorite colors are red and white.
Ø  I love singing and travelling.
Ø  I am fine.
Ø  I think she looks gorgeous.







C.     Unsur kebahasaan
-          Unsur kebahasaan dalam ungkapan-ungkapan  yang digunakan untuk menanyakan tindakan/tingkah laku binatang, antara lain :
*      Kalimat interrogative :
1.      Wh-question
·         What animal is it?
·         What does it look like?
·         What does it do?
·         What do the animals do?
2.      Yes/No Question
·         Is it bites?
·         Are they cute?

-          Unsur kebahasaan dalam ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyatakan tindakan/tingkah laku binatang, antara lain :
*      Kalimat declarative : simple present tense (positive form)
Rumus Verbal ( menggunakan verb/kata kerja)
·         Subjek tunggal (He/She/It) + Verb1s/es
Contoh : It bites
·         Subjek jamak (I/You/They/We) + Verb 1
Contoh : They bite


2.      Membuat video pembelajaran sesuai RPP yang telah disusun (akan dibuat setelah siswa mulai masuk sekolah)
3.      Menganalisis video pembelajaran yang menggunakan model Kooperatif Jigsaw
Berikut ini adalah sintak/langkah-langkah pembelajaran model Kooperatif Jigsaw:
1.      Orientasi kegiatan awal ( salam pembuka, mengecek kehadiran, pemberian pengantar atau petunjuk belajar, penyampaian tujuan pembelajaran, pengaktivan pengetahuan awal (apersepsi), dan memotivasi belajar siswa)
2.      Pemberiaan materi yang sudah dipecah berikut lembar kerja ahli (expert sheet) kepada kelompok asal (home team),
3.      Diskusi kelompok ahli (expert team) yang terdiri dari gabungan anggota-anggota kelompok asli dengan materi yang sama mendalami materi tersebut,
4.      Diskusi kelompok asli (home team) di mana setiap anggota menjelaskan materi masing-masing kepada anggota lain dalam kelompoknya,
5.      Mengerjakan kuis dengan bahan semua materi yang dipelajari,
6.      Pemberian penghargaan kelompok
Setelah melihat video pembelajaran model Kooperatif Jigsaw, saya membuat rangkuman sintak/langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :
1.      guru memengawali pelajaran dengan salam pembuka dan mengecek kehadiran siswa
2.      guru menyampaikan topic materi pelajaran yang akan dibahas
3.      guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
4.      guru mengajukan pertanyaan  pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
5.      Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi tersebut
6.      Guru menjelaskan langkah-langkah  pembelajaran menggunakan model Jigsaw
7.      Membagi siswa menjadi tiga kelompok asal yang terdiri dari 5 orang siswa
8.      Setiap siswa dalam kelompok asal akan di beri penomoran 1,2,3,4,5,  lalu mereka bergabung dengan siswa yg mendapat nomor sama yang selanjutnya mereka disebut kelompok ahli
9.      Masing-masing kelompok ahli membahas submateri yang berbeda, setelah itu mereka kembali ke kelompok asal untuk menjelaskan materinya masing-masing kepada anggota kelompoknya
10.  Siswa dalam kelompok asal mengerjakan soal-soal
11.  Guru memberikan penghargaan kelompok berdasarkan skor yang mereka peroleh
v  Berdasarkan hasil pengamatan saya, sintak model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada video tersebut sudah sesuai dengan catatan sintak model pembelajaran Kooperatif Jigsaw yang saya rangkum dari modul 5 KB 4 yang saya baca.
v  Menurut pengamatan saya, siswa lebih senang dan antusias mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran tersebut karena dapat mendorong siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan metode Jigsaw, semua siswa dalam masing-masing kelompok  dapat berpartisipasi aktif mengerjakan tugas bagiannya masing-masing
v  Hasil belajar yang dapat dicapai oleh siswa ketika mereka terlibat aktif dalam pembelajaran Jigsaw yaitu :
-          kemampuan akademik melalui aktivitas belajar kelompok




3 komentar:

  1. bingung mau ngapain??
    ayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
    menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
    whatsapp: +85515373217

    BalasHapus
  2. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus
  3. I appreciate the effort you've put into crafting such a wonderful blog. Also check the just cause 5

    BalasHapus