TUGAS AKHIR MODUL 5
STRATEGI PEMBELAJARAN
NAMA : NOVIASARI
RITONGA
1. Menyusun
perangkat pembelajaran untuk 1 Kompetensi Dasar yang terdiri dari :
a. RPP
yang mengaktifkan peserta didik :
b. Bahan
ajar yang relevan ( Handout )
c. Media
pembelajaran Power Point
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMPN N 3 PURBATUA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Chapter : 6 - We love what we do
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Alokasi Waktu : 20 JP (10 Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti:
1.
Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teoriKI 1
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.6 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/
fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
(Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple
present tense)
|
·
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari percakapan terkait
pekerjaan dan tindakan terkait
·
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari percakapan terkait
kebiasaan melakukan kegiatan
·
Mengidentifikasi fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari percakapan terkait tingkah
laku dan kebiasaan binatang
·
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari percakapan terkait fungsi
beberapa benda
|
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan
benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
·
Melakukan percakapan tentang pekerjaan dan tindakan terkait
·
Menyebutkan kembali pertanyaan dan pernyataan para tokoh tentang
pekerjaan dan tindakan terkait
·
Menyebutkan pekerjaan orang tua (bapak dan ibu) 5 orang teman sekelas
·
Mempresentasikan informasi tentang
pekerjaan orang tua (bapak dan ibu) lima orang teman sekelas
·
Melakukan percakapan tentang kebiasaan
melakukan kegiatan
·
Menyebutkan kembali pernyataan para
tokoh tentang kebiasaan melakukan kegiatan
·
Mempresentasikan kegiatan yang
senyatanya menjadi kebiasaan dari lima orang temannya
·
Menanyakan dan menyatakan secara lisan tingkah laku dan kebiasaan binatangberdasarkan
gambar/situasi yang disediakan.
·
Menyusun teks deskripsi
singkat tentang tingkah laku dan
kebiasaan binatang berdasarkan gambar/situasi yang disediakan.
·
Melakukan percakapan tentang fungsi
beberapa benda
·
Menyebutkan fungsi benda-benda yang
senyatanya ada di dalam kelas masing-masing
·
Menyebutkan fungsi benda-benda yang
senyatanya ada di rumah masing-masing
·
Melakukan percakapan mengenai fungsi
benda dan kebiasaan binatang
·
Menyebutkan kembali pernyataan para
tokoh mengenai fungsi benda dan kebiasaan binatang
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
• Melakukan
percakapan tentang pekerjaan dan tindakan terkait
• Menyebutkan
kembali pertanyaan dan pernyataan para tokoh tentang
pekerjaan dan tindakan terkait
• Menyebutkan
pekerjaan orang tua (bapak dan ibu) 5 orang teman sekelas
• Mempresentasikan
informasi tentang pekerjaan orang tua (bapak dan ibu) lima orang teman sekelas
• Melakukan
percakapan tentang kebiasaan melakukan kegiatan
• Menyebutkan
kembali pernyataan para tokoh tentang kebiasaan melakukan kegiatan
• Mempresentasikan
kegiatan yang senyatanya menjadi kebiasaan dari lima orang temannya
•
Mengidentifikasi fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari percakapan terkait tingkah
laku dan kebiasaan binatang
•
Menanyakan dan menyatakan secara lisan tingkah laku dan kebiasaan binatangberdasarkan
gambar/situasi yang disediakan.
•
Menyusun teks deskripsi singkat
tentang tingkah laku dan
kebiasaan binatang berdasarkan gambar/situasi yang disediakan.
• Melakukan
percakapan tentang fungsi beberapa benda
• Menyebutkan
fungsi benda-benda yang senyatanya ada di dalam kelas masing-masing
• Menyebutkan
fungsi benda-benda yang senyatanya ada di rumah masing-masing
• Melakukan
percakapan mengenai fungsi benda dan kebiasaan binatang
• Menyebutkan
kembali pernyataan para tokoh mengenai fungsi benda dan kebiasaan binatang
D.
Materi Pembelajaran
-
Terlampir
(Hand-out)
E. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Pendekatan Scientific
2.
Model :Discovery
Learning, Problem Based Learning
3.
Metode :Tanya
Jawab, Wawancara, Diskusi, Bermain peran, Group work
F.
Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø Media :
© Gambar-gambar/
flashcard
© Worksheet atau lembar
kerja (siswa)
© Lembar penilaian
Ø Alat/Bahan :
© Spidol,
papan tulis, penghapus
© Laptop
& infocus
© Slide
presentasi (ppt)
© Hand-out
Ø Sumber Belajar:
© Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku
Siswa When English Ring a Bell.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
© Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku
Guru When
English Ring a Bell. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
© Kamus
Bahasa Inggris
© Pengalaman
Peserta didik dan guru
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-6 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
Apersepsi
Motivasi
Pemberian Acuan
|
10
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
10
menit
|
H. Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian Sikap : Observasi (Jurnal penilaian sikap)
b.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan :
1) Tes
Tertulis
-
Uraian/esai
2) Tes
Lisan
© Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa.
2.
Penilaian Kompetensi Keterampilan :
1) Unjuk kerja
2) Produk
3) Tertulis (menulis deskripsi singkat)
3.
Instrumen
Penilaian
-
Terlampir
-
4.
Rubrik Penilaian dan Pedoman Penskoran
-
Terlampir
Purbatua, Juli 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Drs. Riwanto Noviasari
Ritonga, S.Pd
NIP. 196605061996011001
Lampiran 1:
Instrumen Penilaian Sikap
JURNAL PENILAIAN SIKAP
Mata
Pelajaran : ...............................
Kelas/Semester : ............/...........
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
No
|
Tgl
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2: Instrument
Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
Kisi-kisi dan
Soal
KD
|
Indikator
|
Soal
|
Teknik/Bentuk Penilaian
|
3.6
|
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/
fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
(Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple
present tense)
|
Fill in the blank
with the animal activity!
|
Tes Tertulis (isian singkat)
|
4.6
|
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda,
dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
|
Write down a short
description about the animal activity based on the picture!
|
Tes Tertulis (menulis karangan/essay pendek)
|
Lampiran 3. Rubrik
Penilaian dan Pedoman Penskoran
Rubrik
Penilaian Pengetahuan
No.
|
Alternatif jawaban
|
Skor
|
Kelompok
|
||||||
Benar
|
Salah
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
2
|
Bite, coil, swallow
|
1
|
0
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Bark, bite
|
1
|
0
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Crawl
|
1
|
0
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Creep
|
1
|
0
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Scratch, sleep, lick
|
1
|
0
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Neigh, run
|
1
|
0
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Roar, pounce
|
1
|
0
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Moo
|
1
|
0
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Jump, kick
|
1
|
0
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
9
|
0
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai perolehan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NilaiPerolehan =
x 100
Rubrik Penilaian
Keterampilan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor / Kelompok
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
1
|
Kejelasan gagasan
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketepatan pilihan kata
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Tata bahasa
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Ejaan
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor (maksimal 20)
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
perolehan
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
:
Skor 5 = Sangat baik Skor
4 = Baik Skor 3 =
Cukup
Skor 2 = Kurang Skor
1 = Sangat kurang
NilaiPerolehan =Jumlah Skor x 5
Lampiran
4
Students’ Worksheet 1
Fill in the blank with
the animal activity!
Student Worksheet 2
Write down a short description about the
animal activity based on the picture!
No
|
Animal
|
Description
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
CHAPTER 6. WE LOVE WHAT WE DO
Kompetensi Dasar
|
3.6 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah
laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks
penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative,
interrogative, simple present tense)
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,
dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
·
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari percakapan terkait tingkah
laku dan kebiasaan binatang
·
Menanyakan dan menyatakan secara lisan
tingkah laku dan kebiasaan binatang berdasarkan gambar/situasi yang
disediakan.
·
Menyusun teks deskripsi singkat
tentang tingkah laku dan kebiasaan binatang berdasarkan gambar/situasi
yang disediakan.
|
Tujuan Pembelajaran
|
Pada
akhir pembelajaran siswa dapat :
·
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari percakapan terkait tingkah
laku dan kebiasaan binatang
·
Menanyakan dan menyatakan secara lisan
tingkah laku dan kebiasaan binatang berdasarkan gambar/situasi yang
disediakan.
·
Menyusun teks deskripsi singkat
tentang tingkah laku dan kebiasaan binatang berdasarkan gambar/situasi
yang disediakan.
|
Uraian Materi
A. Fungsi
Sosial Teks
Mendeskripsikan,
mengidentifikasi, mengkritisi orang, binatang, dan benda dari segi tingkah
laku/tindakan/fungsi.
B.
Struktur teks
-
Use Simple Present Tense ( S + V1 )
“Simple Present is the simplest form of verb in English
sentences telling about daily activities, repeated actions (like habits or
scheduled activities) as well as the general knowledge.”
(Simple Present adalah bentuk kata kerja paling sederhana.
Digunakan untuk menyatakan kegiatan sehari-hari, berulang-ulang terjadi
(rutinitas seperti atau kebiasaan) serta pengetahuan umum)
-
Fungsi Simple Present
Tense
Ø Menyatakan kegiatan sehari-hari :
Ø Lusi usually wakes up at 6 a.m.
Ø She tidies and cleans her room.
Ø She goes to school at 7 o’clock.
Ø Lusi always goes to school on foot.
Ø Menyatakan kegiatan yang dilakukan secara
berulang-ulang/teratur :
Ø Lusi joins English extracurricular
from Monday to Wednesday.
Ø She follows skateboard club every
Thursday.
Ø On Friday, Lusi and some of her
friends go to photography course.
Ø Lusi and her family often go to the
beach on weekend.
Ø Menyatakan sebuah fakta atau
kebenaran umum secara tetap :
Ø The sun rises in the east and sets
in the west.
Ø Elephants are the biggest land
animals.
Ø The president lives in the white
house.
Ø Water boils at 100 degree Celcius.
Ø Ice is cold.
Ø Menyatakan perasaan, pikiran,
pendaapat atau keadaan di masa sekarang :
Ø They are happy.
Ø I feel so grateful today.
Ø My favorite colors are red and
white.
Ø I love singing and travelling.
Ø I am fine.
Ø I think she looks gorgeous.
C.
Unsur kebahasaan
-
Unsur kebahasaan dalam
ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menanyakan
tindakan/tingkah laku binatang, antara lain :
Kalimat
interrogative :
1.
Wh-question
·
What
animal is it?
·
What
does it look like?
·
What
does it do?
·
What
do the animals do?
2.
Yes/No
Question
·
Is
it bites?
·
Are
they cute?
-
Unsur kebahasaan dalam ungkapan-ungkapan
yang digunakan untuk menyatakan tindakan/tingkah laku binatang, antara
lain :
Kalimat
declarative : simple present tense (positive form)
Rumus Verbal ( menggunakan verb/kata kerja)
·
Subjek tunggal
(He/She/It) + Verb1s/es
·
Subjek jamak
(I/You/They/We) + Verb 1
Contoh : They bite
2. Membuat
video pembelajaran sesuai RPP yang telah disusun (akan dibuat setelah siswa
mulai masuk sekolah)
3. Menganalisis
video pembelajaran yang menggunakan model Kooperatif Jigsaw
Berikut
ini adalah sintak/langkah-langkah pembelajaran model Kooperatif Jigsaw:
1. Orientasi
kegiatan awal ( salam pembuka, mengecek kehadiran, pemberian pengantar atau
petunjuk belajar, penyampaian tujuan pembelajaran, pengaktivan pengetahuan awal
(apersepsi), dan memotivasi belajar siswa)
2. Pemberiaan
materi yang sudah dipecah berikut lembar kerja ahli (expert sheet) kepada
kelompok asal (home team),
3. Diskusi
kelompok ahli (expert team) yang terdiri dari gabungan anggota-anggota kelompok
asli dengan materi yang sama mendalami materi tersebut,
4. Diskusi
kelompok asli (home team) di mana setiap anggota menjelaskan materi
masing-masing kepada anggota lain dalam kelompoknya,
5. Mengerjakan
kuis dengan bahan semua materi yang dipelajari,
6. Pemberian
penghargaan kelompok
Setelah melihat video pembelajaran model Kooperatif
Jigsaw, saya membuat rangkuman sintak/langkah-langkah pembelajarannya sebagai
berikut :
1. guru
memengawali pelajaran dengan salam pembuka dan mengecek kehadiran siswa
2. guru
menyampaikan topic materi pelajaran yang akan dibahas
3. guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
4. guru
mengajukan pertanyaan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan
pelajaran yang akan dilakukan.
5. Guru menyampaikan
manfaat mempelajari materi tersebut
6. Guru menjelaskan
langkah-langkah pembelajaran menggunakan
model Jigsaw
7. Membagi siswa menjadi
tiga kelompok asal yang terdiri dari 5 orang siswa
8. Setiap siswa dalam
kelompok asal akan di beri penomoran 1,2,3,4,5,
lalu mereka bergabung dengan siswa yg mendapat nomor sama yang
selanjutnya mereka disebut kelompok ahli
9. Masing-masing kelompok
ahli membahas submateri yang berbeda, setelah itu mereka kembali ke kelompok asal
untuk menjelaskan materinya masing-masing kepada anggota kelompoknya
10. Siswa dalam kelompok
asal mengerjakan soal-soal
11. Guru memberikan
penghargaan kelompok berdasarkan skor yang mereka peroleh
v Berdasarkan
hasil pengamatan saya, sintak model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada video
tersebut sudah sesuai dengan catatan sintak model pembelajaran Kooperatif
Jigsaw yang saya rangkum dari modul 5 KB 4 yang saya baca.
v Menurut
pengamatan saya, siswa lebih senang dan antusias mengikuti pembelajaran dengan
model pembelajaran tersebut karena dapat mendorong siswa untuk aktif dalam
kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan metode Jigsaw, semua siswa dalam
masing-masing kelompok dapat
berpartisipasi aktif mengerjakan tugas bagiannya masing-masing
v Hasil
belajar yang dapat dicapai oleh siswa ketika mereka terlibat aktif dalam
pembelajaran Jigsaw yaitu :
-
kemampuan akademik
melalui aktivitas belajar kelompok
bingung mau ngapain??
BalasHapusayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
whatsapp: +85515373217
kelinci99
BalasHapusTogel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
yukk daftar di www.kelinci99.casino
I appreciate the effort you've put into crafting such a wonderful blog. Also check the just cause 5
BalasHapus