TUGAS AKHIR M4
STUDI KASUS KECERDASAN MAJEMUK SISWA
Nama :
Noviasari Ritonga
No Peserta Ppg :
201699503389
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kompetensi Keahlian : Bahasa Inggris
Asal Sekolah : SMP Negeri 3 Purbatua
Alamat :
Sibulan – Bulan , Kec.Purbatua, Kab. Tapanuli Utara,
Sumatera Utara
TUGAS AKHIR MODUL 4
Di suatu kelas terdapat 30 siswa dengan rincian
:
- Jumlah laki-laki 20 orang, jumlah perempuan 10 orang
- Status sosial 50% adalah anak dari pekerja buruh pabrik, 20 % PNS, dan 10 % adalah pedagang, 20% adalah pegawai swasta/BUMN
- Minat siswa 50% pada kegiatan olahraga, 10% pada aspek akademis, 20% pada kegiatan seni, dan 20% pada aspek ketrampilan
- Kemampuan siswa 40% pada batas bawah, 40% pada batas menengah, dan 20% pada batas tinggi
- Preferensi belajar 40% kinestetik, 30% visual, 30% auditory
Pertanyaan
- Bagaimana cara mengelola kelas dan mengakomodasi pembelajaran dengan karakteristik tersebut diatas (ambil 1sub tema pembelajaran/ 1 mapel)
- Bagaimana mengembangkan kecerdasan majemuk dengan karakteristik diatas (ambil 1sub tema pembelajaran/ 1 mapel)
PENYELESAIAN
1. Cara Mengelola kelas dan
mengakomodasi pembelajaran karakteristik
Berdasarkan data tersebut maka dalam mengelola
kelas pada proses pembelajaran saya melakukan:
a.
Gender
Dengan jumlah laki-laki
sebanyak 20 orang, jumlah
perempuan 10 orang, jika akan membentuk kelompok diskusi maka lebih efektif
penyebaran gender dengan jumlah yang sama, misal untuk kelompok disusun jumlah
perempuan yang sama atau jumlah laki-lakinya sama. Contoh kelompok terbagi
menjadi 5 kelompok dengan masing-masing anggota kelompok 6 orang terdiri dari 4
orang laki-laki dan 2 orang perempuan.
b.
Status Sosial
Dengan data yang ada
terlihat bahwa dominan adalah anak dari pekerja buruh pabrik. Pada proses
pembelajaran biasanya masalah yang timbul adalah sarana belajar pribadi bagi
siswa yang kurang beruntung yakni dari keluarga yang ekonominya kurang.
Pada kasus pada mata pelajaran bahasa
inggris materi
listening memerlukan laptop/komputer dan
headphone sebagai media belajar yang harus dimiliki siswa, sementara LAB Bahasa
dipergunakan kelas yang lainnya. Dalam hal ini yang saya lakukan adalah
mengidentifikasi berapa orang yang memiliki laptop di kelas tersebut lalu saya
membentuk kelompok belajar yang variatif sehingga siswa yang berasal dari
keluarga tidak mampu dapat belajar dengan temanya yang memiliki laptop.
c.
Minat
Pada studi kasus
tersebut diatas, terlihat bahwa minat pada kegiatan olah raga lebih dominan. Kemudian
seni, keterampilan dan yang paling rendah adalah akademis.
Dalam hal ini yang saya lakukan untuk
mengakomodir karakteristik minat dengan cara memberikan pembelajaran yang
menarik, misalnya pada saat materi
tentang
“Time” ,dengan media jam dinding, maka saya menggunakan media video agar siswa
yang memiliki kecenderungan kecerdasan visual dapat terakomodir. Saya pun masih
memberikan penjelasan dengan penekanan intonasi yang baik agar siswa dengan
minat seni dan keterampilan (kecerdasan
auditory) dapat juga terakomodasi. Tentunya juga meminta siswa untuk
mengerjakan tugas menun,agar siswa yang kecerdasaan kinestetik dapat berkembang
diperbolehkan menujukkan arah jarum jam yang disebutkan oleh temannya pada jam dinding yang telah disediakan tadi, dan
diperbolehkan mendengarkan musik saat mereka mempraktekkan dengan catatan voleme disesuaikan agar tidak
mengganggu teman yang lain.
2. Cara mengembangkan kecerdasan
majemuk
Dari data tersebut
diatas dapat disimpulkan bahwa kelas tersebut kecenderungan perkembangan
siswanya mengacu kepada kecerdasan Kinestetik hal ini dapat terlihat dari minat
siswa dan prereferensi. Untuk itu guru hendaknya dalam proses pembelajaran
membantu mengembangakan kecerdasan kinestetik ini.
Kecerdasan
Kinestetik meliputi kemampuan fisik, baik itu kecepatan, kelenturan dan
lain-lainnya. Karakteristik kecerdasan ini adalah :
a) Belajar
dengan langsung terlibat
b) Sensitive
dan responsive terhadap lingkungan dan sistem secara fisik
c) Mendemonstrasikan
keseimbangan, keterampilan dan ketelitian dalam tugas Fisik
d) Mempunyai
kemampuan untuk memperbaiki segala sesuatu dan sempurna secara \pementasan
fisik.
e) Mengekspresikan
ketertarikan pada karir atlit, penari, ahli bedah atau pembuat gedung
Untuk dapat
mengembangkan kecerdasan majemuk dapat dilakukan dengan :
·
Lingkungan fisik : daerah ruang kelas,
dalam merencanakan ruang kelas, para pengajar membuat ruangan yang bisa membuat
perasaan siswa menjadi senang.
·
Drama teater, permainan peran, drama
kreatif, simulasi (keadaan yang meniru) keadaan sebenarnya.
·
Gerak kreatif : memahami pengetahuan
jasmaniah, memperkenalkan aktifitas gerak kreatif, menerapkan gerak kreatif
keahlian dasar, menciptakan isi yang lebih terarah dari aktivitas gerakan.
·
Tari : bagian-bagian tari, rangkaian
pembelajaran melalui tari
·
Memainkan alat-alat : kartu-kartu tugas,
teka-teki kartu tugas, menggambara alat-alat tambahan, membuat tanda-tanda bagi
ruang kelas
·
Permainan ruangan kelas : binatang
buruan ; permainan-permainan lantai besar, permainan yang merespon gerak fisik
secara menyeluruh, permainan yang mengulang hal yang umum.
·
Permainan fisik : Karakteristik dari
seorang pengajar (tentang) fissik, pendidikan petualang, jaring laba-laba dll
·
Perjalanan ke alam bebas.
Dari data yang dipaparkan juga terdapat siswa
yang kecenderungan pada kecerdasan visual (30%). Untuk mengembangkan kecerdasan visual ini
dapat dilakukan dengan cara :
Ø Guru
sebaiknya banyak/dititikberatkan pada peragaan/ media.
Ø Menggunakan
gambar-gambar di otak mereka dan belajar lebih cepat dengan menggunakan
tampilan-tampilan visual seperti diagram, buku pelajaran bergambar
Ø Gunakan
warna untuk menghilite hal-hal penting
Ø Mengajak
membaca buku berilustrasi
Ø Gunakan
multi media (komputer dan video)
Ø Mengilustrasikan
ide-idenya ke dalam gambar.
Sedangkan anak yang memiliki kecerdasan
auditory dapat belajar lebih mudah dengan menggunakan diskusi verbal dan
mendengarkan apa yang dikatakan guru. Siswa tipe ini dapat mencerna makna yang
disampaikan melalui tone suara, pitch (tinggi rendah), kecepatan berbicara dan
hal-hal auditory lainya.
Untuk dapat mengembangkan kecerdasan auditory
dapat dilakukan dengan :
Mengajak siswa untuk berpartisipasi
dalam diskusi
Meminta siswa membaca lebih keras
Gunakan musik untuk mengajarkan anak
Diskusikan ide dengan siswa secara
verbal
Diperbolehkan merekam materi ke dalam
kaset atau yang lainnya.
Dari uraian tersebut dalam saya terapkan
sesuai dengan mata pelajaran yang saya ampu adalah :
Contoh
di kelas VII SMP N 3 PURBATUA
Mapel : Bahasa Inggris
Materi :
Time
Waktu : 3 Jam Pelajaran
Tempat : Ruangan kelas VII
Yang saya
lakukan untuk anak anak dengan kecerdasan kinestetik lebih dominan adalah:
Siswa di ruang kelas dengan peralatan jam dinding
Setiap meja diberi jarak teratur
sehingga siswa mudah dalam pergerakannya
1. Guru
memberikan tayangan Video materi
tentang “Time”
2. Lalu
guru memberikan penjelasan ulang dari tayangan video tersebut dengan intonasi dan
penekanan yang baik agar siswa dengan kecerdasan auditory dapat berkembangdan
memberikan job sheet (lembar kerja ) yang dilengkapi dengan petunjuk penggunaan PM dan AM pada materi
Time
3. Guru
meminta /menunjuk satu siswa maju untuk
mempraktekkan kembali di depan temannya tentang menetukan PM dan AM dengan
media jam dinding
4. Setelah salah satu siswa mempraktek kan di depan
kelas , (membuat siswa terlibat langsung) selanjutnya siswa diminta untuk mengerjakan
soal tentang materi Time yang ada dibuku paket
Dari kegiatan ini
diharapkan :
·
Siswa dengan kecenderungan kecerdasan
kinestetik dapat terlibat langsung pada proses pembelajaran mengenai waktu
·
Siswa dengan kecenderungan kecerdasan visual
dapat melihat tayangan video cara membedakan penggunaan PM dan AM pada materi
tentang Time
·
Dan siswa dengan kecenderungan auditory
juga dapat mengikuti dengan mendengar ( dengan tone suara) dan membaca cara menyebutkan
waktu
·
Siswa dengan kemampuan batas tinggi
(20%) membantu guru sebagai tutor sebaya dalam proses pembelajaran
bingung mau ngapain??
BalasHapusayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
whatsapp: +85515373217
Thank you for the well-presented and insightful content in your blog. Also check the sniper elite 6
BalasHapus